Ads 468x60px

Labels

Blogroll

Blogger news

Jumat, 07 September 2012

Menentukan Titik Origin Sprite dan Membuat Fungsi Warp Untuk Pesawat



Tutorial game maker ini yaitu mengenai pembuatan pergerakan pesawat 360 derajat. Setelah menyelesaikan tutorial tersebut, anda pasti menyadari bahwa titik pusat putaran dari pesawat tersebut kurang pas dan ketika pesawat kita melewati batas room, maka pesawat yang kita kemudikan akan menghilang.

Untuk masalah pertama, yaitu mengenai titik pusat dari putaran pesawat. Masalah ini diakibatkan karena default titik origin setiap sprite berada pada titik x=0 dan y=0. Untuk menangani masalah ini, hal yang harus kita lakukan adalah mengubah nilai dari titik origin sprite pesawat tersebut, agar titik pusat putarannya menjadi pas.

Masalah kedua, yaitu ketika pesawat kita keluar dari room, maka pesawat kita akan menghilang. Untuk menangani hal ini, kita bisa memberikan objek tersebut sebuah perintah ( script ) baru agar ketika pesawat tersebut keluar dari room maka pesawat tersebut akan melakukan warp.

Dibawah ini merupakan penjelasan singkat mengenai script- script dan variable yang digunakan :

- hspeed : hspeed atau horizontal speed adalah variable yang digunakan untuk membuat suatu objek bergerak secara horizontal. Jika nilai hspeed positif, maka objek akan bergerak ke kanan, dan bila nilai hspeed negative, maka objek akan bergerak kekiri. Tapi dalam kasus ini, variable hspeed digunakan untuk mengidentifikasi arah gerak pesawat. Jadi bila pesawat sedang bergerak ke arah kiri maka nilai vseed menjadi negative ( vspeed < 0 ).

- vspeed : vspeed atau vertical speed adalah variable yang digunakan untuk membuat suatu objek bergerak secara vertical. Jika nilai vspeed positif, maka objek akan bergerak ke bawah, dan bila nilai vspeed negative, maka objek akan bergerak keatas.

0 komentar:

Poskan Komentar